Selain Facebook, kini instagram sangat digandrungi masyarakat. Prasyarat penting bila ingin membuat iklan tertarget harus switching ke akun bisnis dengan cara klik setting (icon 3 titik pojok kanan ponselmu) lalu ubah ke setting switching business profile. Lanjut brandinglah akun tersebut dengan konten menarik disertai wording persuasif, foto atau video.
Berikut rincian membangun pemasaran via instagram:
- Telah merubah atau memiliki akun IG mode bisnis. Bila kesulitan, silahkan cari tutorial teknis di internet.
- Branding lah akun tersebut sesuai dengan keinginanmu, sebaiknya mudah diingat atau berkadar keren.
- Buatlah konten dengan paduan wording persuasif dengan foto ataupun video.
- Gunakan hastag tagar terkait. Idealnya, berdasarkan riset umum gunakan maksimal sebanyak 11 hashtag.
- Sama seperti media massa umum, tampilkan iklan saat prime time atau golden time orang banyak mengakses medsos, seperti pagi atau malam.
- Iklankan dengan klik promosi pada konten terkait dengan settingan sesuai yang diinginkan, seperti gender, umur, wilayah iklan muncul, dll. Semakin banyak pengeluaran dana tersebut, maka akan semakin luas penerima iklanmu.
- Siapkan waktu agar responsif merespon calon pelanggan. Alangkah lebih baik bila disertai direct link ke tokomu atau website sehingga terkesan profesional atau NIAT JUALAN.
- Guna lebih ampuh, evaluasilah semisal secara bulanan untuk bahan riset. Iklan awal untuk tes pasar, lalu sah saja bila produk terlaris, gender pembeli terbanyak, area terbanyak beli (intinya PROFILING DATA & PRODUK) bisa diiklankan lebih gencar lagi. Galilah riset agar kian efektif, riset modern bisa memakai JURUS STALKING pelanggan dan pesaingmu bila ada.
Kelebihan IG secara umum, selain banyak penggunanya juga memiliki akurasi atau efektivitas tinggi. Sebab, kita bisa mengiklankan secara tertarget sesuai yang diinginkan dan biaya iklan hanya keluar ketika iklan berhasil nampak atau disaksikan pengguna IG.
Simpulannya, sama seperti Facebook Ads, semakin banyak senjata atau amunisi yang dimiliki, memang belum tentu menjamin kemenangan tetapi setidaknya akan meningkatkan peluang menang lantaran produkmu dikenal orang.
Sekian, semoga berfaedah dan menambah inspirasi.
Next, kupas tuntas pemasaran via Website....
* Data netizen dan pengguna sosmed bisa ditelusuri dari hasil-hasil riset terpercaya, salah satunya ialah hasil survei APJII yang rilis setiap tahunnya.
0 comment:
Post a Comment